Rabu, 20 April 2016

KESAN DAN PESAN KULIAH TEKNOLOGI INFORMASI



KESAN DAN PESAN MENGIKUTI PERKULIAHAN
TEKNOLOGI INFORMASI


Dalam dunia pendidikan perkembangan teknologi informasi mulai dirasa mempunyai dampak yang positif karena dengan berkembangnya teknologi informasi dunia pendidikan mulai memperlihatkan perubahan yang cukup signifikan. Banyak hal yang dirasa berbeda dan berubah dibandingkan dengan cara yang berkembang sebelumnya. Saat sekarang ini jarak dan waktu bukanlah sebagai masalah yang berarti untuk mendapatkan ilmu, berbagai aplikasi tercipta untuk memfasilitasinya. Belajar akan lebih menyenangkan dengan pemanfaatan media pembelajaran yang interaktif dan mudah dicerna serta peserta didik dapat menggunakan peralatan yang dimilikinya seperti laptop, smartphone atau semisalnya sebagai media yang menjadi sumber belajar.
Pada awal pembelajaran saya merasa penasaran dengan yang namanya perkuliahan Teknologi Informasi karena pada awalnya saya menganggap bahwa perkuliahan teknologi informasi sepertinya hanya pengulangan ketika ada perkuliahan pengantar teknologi informasi.
Ketika saya mengikuti perkuliahan minggu demi minggu dan bulan demi bulan ternyata setelah sampai ke pertemuan akhir di luar dugaan saya, ternyata terjawab sudah perkuliahan tentang teknologi informasi yang saya harapkan ini, ternyata banyak sekali ilmu yang saya dapatkan dan lagi-lagi diluar dugaan. Perkuliahannya sangat menyenangkan, cara penyajian materinya tidak monoton, penuh dengan penggunaan teknologi , Dosennya sangat perhatian kepada mahasiswanya dan ilmu yang saya dapatkan selama mengikuti perkuliahan teknologi informasi ini sangat banyak sekali dan bisa diaplikasikan dalam pekerjaan.
.Saya merasa bahwa untuk dapat mewujudkan peran guru dalam memanfaatkan teknologi dan informasi dalam pembelajaran, guru dituntut untuk mampu meningkatkan diri menjadi guru profesional yang mampu memanfaatkan dan mengembangkan teknologi informasi yang lebih efektif, efisien dalam proses pembelajaran sehingga memudahkan peserta didik dalam pemahaman dan pengetahuan yang dapat meningkatkan hasil belajar.
Perkuliah teknologi pembelajaran yang diampu oleh Dr. Hudiana Hernawan, MS, telah menjawab masalah-masalah yang telah dipaparkan sebelumnya. Dosen mata kuliah tersebut telah memberikan banyak materi yang menyangkut tentang aplikasi-aplikasi untuk pembelajaran, misalnya MMI (Multimedia Interaktif), Mobile Learning, e-Leraning, dan Digital Book yang memiliki software beraneka ragam. Dengan demikian, saya menyadari tentang media/aplikasi apa yang seharusnya dipakai dalam pembelajaran yang cocok, efektif dan efisien.
Selama masa perkuliahan, penulis merasa tertantang dengan adanya beberapa tugas yang salah satunya adalah pembuatan blog. Ini sangat penting mengingat saat ini kebanyakan orang mencurahkan ide/gagasan mereka lewat blog untuk dibaca khalayak umum. Dan saya pun dituntut untuk harus membuat/menyelesaikan tugas tersebut dengan baik, tidak asal-asalan karena akan dibaca oleh orang lain. Dan, Alhamdulillah, saya merasa ada peningkatan dari tugas posting pertama sampai tugas posting terakhir.
Saya ucapkan terima kasih kepada bapak Dosenku Bapak Dr.Hudiana Hernawan yang sangat professional dalam memberikan perkuliahan selama ini.

77 komentar:

  1. assalamualaikum pak bapa membuat blog sangat bagus dan kreatif

    BalasHapus
  2. terinspirasi pada apa ingin mempunyai blog pribadi pak,bagai mana cara membuat blog pribadi,saya ingin mempunyai blog pribadi....

    BalasHapus
  3. bagus dan kreatif,terinspriasi keren

    BalasHapus
  4. Saya Angga dari kelas 9C dan saya yang paling ganteng di kelas 9C

    BalasHapus
  5. bagus bisa mengenal pelajaran informatika

    BalasHapus
  6. i like you blogger and want to understand it..

    BalasHapus
  7. wow bagus dan kreatif dan saya juga ingin menginspirasi dan memperluas teknologi informasi karena dengan teknologi belajar akan lebih menyenangkan dengan pemanfaatan media

    BalasHapus
  8. kesan pertama belajar TIK Membuat blog,sangat mudah dipahami dengan penjelasan dari guru yang mudah dan jelas untuk dipahami.

    BalasHapus
  9. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  10. wow bagus dan blog nya mudah dipahami

    BalasHapus
  11. bagus pak kami sangat menghargainya. terimakasih pak kami sudah mengerti.

    BalasHapus
  12. pembelajarannya sangat bagus dan mudah untuk dipahami

    BalasHapus
  13. bagus dan sangat kreatif pak dan mudah di pahami

    BalasHapus
  14. babakanloa ni bos pada ganteng ganteng senggoldong slebewww

    BalasHapus
  15. 515065726 id ff tah bisi erek cr an

    BalasHapus
  16. assalamualaikum semoga bermanfaat ilmu yang bpk berikan

    BalasHapus
  17. assalamualaikum semoga ilmunya bermanfaat

    BalasHapus
  18. Saya Muhammad Ardyansyah dari kelas IX-E,
    Alhamdulillah dengan adanya mata pelajaran TIK ini, dapat membantu para siswa siswi SMPN 1 Sukawening dalam mengenal lebih jauh tentang teknologi dan informatika di zaman modern ini.
    Terima kasih pak. Sehat selalu...

    BalasHapus
  19. mantap adik adik mamah mu pasti bangga

    BalasHapus
  20. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  21. SIAPA DI SINI YANG CITA CITANYA INGIN DI KUTUK MENJADI BATU OLEH IBU SENDIRI GAISSS?

    BalasHapus
  22. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  23. dimas anjay mabar profesional sonal slebeww

    BalasHapus
  24. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  25. IM NOT A KING IM NOT A GOD. I AM.. ATHIAN MUHAMMAD ROYYAN 9F 2022-2023

    BalasHapus
  26. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  27. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  28. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus